Rabu, 30 November 2011

Revolusi Jakarta

http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/video/Revolusi_Jakarta.flv



Jakarta, jakarta adalah kota yang cepat berkembang karna jakarta ibukota indonesia. Banyak jenis kendaraan di kota ini yang digunakan untuk transportasi, contohnya pertama adalah Bemo. Bemo adalah kendaraan beroda tiga yang sudah jarang digunakan untuk transportasi di jakarta, tapi kita masih bisa lihat kendaraan ini ditrmpat-tempat tertentu pastinya.
Bajaj, kendaraan ini juga beroda tiga. Tapi beda dengan Bemo, walaupun sudah dibatasi keberadaannya tapi masih bisa kita temui dimana-mana. Selanjutnya Koasi dan Mikrolet, jenis kendaraan ini mampu mangangkut penumpang 10 sampai 12 orang. Mobil ini dilengkapi angka-angka yang berada didepan atau belakang dan berfungsi untuk mengetahui jurusan yang akan dilewati kendaraan tersebut.
Selanjutnya kendaraan yang evolusinya Bajaj adalah Kancil, Kanci dibuat oleh pemerintah untuk menggantikan keberadaan Bajaj karena asap Bajaj dinanggap membuat polusi udara. Pemerintah juga mempunyai kendaraann yang dikelolah oleh Pemda contohnya adalah PPD dan bus-bus lainnya. Kadang keberadaan bus-bus ini sangat tragis sekarang Jakarta sudah memilik kendaraan lainnya yaitu Transjakarta.
Transjakarta  atau umumnya disebut Bus Way adaalah sistim transportasi plus cepat. Sistem ini dimodelkan Transmilenio yang sukses diberberapa kota. Transjakarta awal muainya beroperasi adalah tanggal 25 Januari 2004, dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lenih cepat, nyaman namun terjangkau bagi warga jakarta. Bus ini berguna untuk merubah hidup masyarakat yang senang menggunakan kendaraan pribadi beralih untuk naik Bus Way yaitu kendaraan ramah terhadap lingkungan karna menggunakan bahan bakar gas (BBG). Marilah kita beralih ke Bus Way agar bumi ini untuk bertahan.
Opini masyarakat adalah kota Jakarta kota yang macet, masyarakat sangat senang dengan keberadaan Bus Way yang nyaman dan ramah lingkungan. Fasilitas yang disediakan untuk Bus Way sangat ramah disediakan jembatan penyebrangan yang dibuat landai agar para penyandang cacat seperti kursi roda bisa menggunakan penyebrangan ini menuju shalter Bus Way, karna itu jembatan penyebrangan Bus Way tidak dibuat tangga. Loket Bus Way juga dibuat terpisah antara loket laki-laki dan perempuan agar tidak terjadi tindak asusila selama mengantri pembelian karcis. Harga karcis Bus Way juga tergolong murah yaitu Rp. 3.500.
Fasilitas yang disediakan didalam Bus Way ada AC, pintu lipat dan pintu sensor gsm, dan juga ada pegan yang disediakan untuk penumpang yang tidak dapat tempat duduk.
Opini-opini masyarakat beragam banyak yang bilang Jakarta masih macet walaupun sudah ada Bus Way, terus fasilitas Bus Way yang masih kurang, karna masih harus mengantri ketika ingin translit. Ya tanggapan masyarakat beragam dengan Revolusi Jakarta, tapi yang pasti kinerja Bus Way selalu ditinggatkan agar lebih baik lagi.
Sekian dan trima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar